Dearby, Arfan
(2022)
Penggunaan Gaya Bahasa dalam Teks Cerpen Karya Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam teks cerita pendek (cerpen)karya siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang. Kedua, mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam teks cerpen karya siswa kelas XI MIA 2 SMA
Negeri 3 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dikaji dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui studi dokumentasi dan kepustakaan berupa teks-teks cerpen hasil tugas latihan menulis siswa yang berjumlah 25 teks cerpen. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu: (1)
peneliti membaca berulang-ulang teks cerpen, (2) data diidentifikasi dan dikelompokkan berdasarkan gaya bahasa, (3) memaknai data, dan (4) membuat kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan hal-hal sebagai berikut. Pertama, secara umum hampir seluruh siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang sudah menggunakan gaya bahasa pada karya mereka. Gaya bahasa yang digunakan yaitu gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan, dan gaya bahasa perulangan. Dari 25 teks cerpen yang dianalisis hampir seluruh teks menggunakan satu atau lebih gaya bahasa dari empat jenis gaya bahasa yang ada,
namun tidak semua teks menerapkan keempat gaya bahasa sekaligus dalam satu karya. Gaya bahasa yang paling banyak ditemukan dalam teks cerpen karya siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang adalah gaya bahasa personifikasi yang
merupakan jenis dari gaya bahasa perbandingan dan gaya bahasa hiperbola yang merupakan jenis dari gaya bahasa pertentangan. Kedua, Fungsi gaya bahasa yang terdapat pada tuturan tokoh pada teks cerpen karya siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang mencakup fungsi mengonkretkan, menegaskan, menghaluskan, memperindah, dan menyindir. Dan dari tuturan tokoh pada 25 teks cerpen yang ada, gaya bahasa yang digunakan kebanyakan memiliki fungsi untuk menegaskan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, teks cerpen karya siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang sudah menerapkan gaya bahasa dengan cukup baik dengan fungsi gaya bahasa yang sesuai dengan alur cerita yang dibuat walaupun tidak semua teks cerpen menerapkan keempat jenis gaya bahasa yang ada sekaligus.
Actions (login required)
|
View Item |