Pengembangan Weblog sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP

Santica, Vira (2022) Pengembangan Weblog sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_VIRA_SANTICA_18004043_5473_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS kelas VIII SMP pada saat proses pembelajaran masih menggunakan buku cetak dan PPT yang kurang menarik dan tidak selalu digunakan pada disetiap pembelajaran. Akibatnya masih banyak siswa yang tidak fokus dalam belajar dan tidak memperhatikan pembelajaran yang dijelaskan dengan baik. Pengembangan weblog pembelajaran ini dibuat sebagai upaya dalam pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa weblog sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di SMP yang layak dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and development (R&D), model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), disseminate (penyebaran). Uji validitas produk dilakukan oleh 3 orang validator, yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 19 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Panjang dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, angket, dan format penilaian. Berdasarkan hasil dari validasi materi diperoleh nilai 4,54 “Sangat Layak” sehingga materi dinyatakan layak untuk digunakan, hasil validasi media 1 diperoleh nilai 4,07 “Layak” dan validasi ahli media 2 diperoleh nilai 4,64 “Sangat Layak”, sehingga media dikategorikan layak untuk diuji cobakan. Selanjutnya uji coba praktikalitas siswa diperoleh nilai 4,79 “Sangat Praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa weblog pembelajaran pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMP layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:06
Last Modified: 25 Jan 2023 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41997

Actions (login required)

View Item View Item