Novianda, Panji
(2022)
Pengembangan Media Video dalam Pembelajaran Jenis-Jenis Hand
Tools Kelas X Teknik & Bisnis Sepeda Motor di SMK Negeri 3 Mentawai.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Media video pembelajaran merupakan media yang bisa menyajikan suara dan gambar yang berisi pesan yang ingin disampaikan baik berisi prinsip, prosedur, konsep dan teori aplikasi pengetahuan agar membantu pemahaman terhadapsebuah materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pembuatan media video pembelajara Jenis-jenis hand tools pada mata pelajarn PDTO (Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif) kelas X TBSM di SMKN 3 Mentawai.
Penelitihan ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Untuk pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket yang akandinilai oleh ahli materi/media dan 25 siswa.
Berdasarkan hasil pengelolahan data dalam penelitian ini memperoleh skor rata-rata dari ahli media 3,86, ahli materi 3,93 dan siswa memperoleh rata-rata 3,54. Maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran jenis-jenis hand tools yang telah dibuat pada mata pelajaran PDTO (Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif) sudah valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |