Riska, Miftahul
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Guided Note Taking di
Kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang belum
berjalan dengan semestinya, baik dari segi guru maupun peserta didik. Sehingga
berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN 17 Manggis
Ganting kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu
menggunakan model Guided Note Taking. Penelitian ini bermanfaat untuk
memberikan inovasi dalam pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Masingmasing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik di kelas V SDN 17 Manggis Ganting
Kota Bukittinggi yang berjumlah 26 orang , 15 peserta didik laki- laki, dan 11 peserta
didik perempuan.
Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran siklus I
diperoleh rata-rata 77,5% dengan kualifikasi C (Cukup), meningkat pada siklus II
menjadi 94% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran
aktivitas guru siklus I rata-rata 78,5% dengan kualifikasi C ( Cukup), meningkat pada
siklus II menjadi 92% dengan kualifikasi A (Sangat Baik). Pada aktivitas peserta
didik siklus I rata-rata 78,5%, dengan kualifikasi C (Cukup), meningkat pada siklus II
menjadi 92% dengan kualifikasi A (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik siklus I
diperoleh rata-rata 66,74 dengan kualifikasi D (Kurang), dan meningkat pada siklus II
menjadi 83,80% dengan kualifikasi B ( Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Guided Note Taking dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di
sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |