Detryoza, Devina
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan
Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing di
Kelas IV SD Negeri 09 Manggis Ganting Kota
Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat
kepada guru. Hal ini disebabkan guru tidak menggunakan model pembelajaran
yang inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik
seperti melalui permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu
menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing di Kelas IV SD Negeri
09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil
pengamatan perencanan dan pelaksanaan menggunakan model kooperatif tipe
Snowball Throwing. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Subjek
penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 09 Manggis
Ganting berjumlah 29 orang.
Hasil penelitian yaitu pada siklus I dalam penilaian RPP memperoleh
presentase rata-rata 84,72% (B) dan meningkat 94,44% (SB) pada siklus II. Pada
aktifitas guru siklus I dengan presentase rata-rata 81,94% (B) dan meningkat
94,44% (SB) pada siklus II. Pada aktifitas peserta didik siklus I memperoleh
presentase rata-rata 81,94% (B) dan meningkat 94,44% (SB) pada siklus II.
Sedangkan pada hasil belajar peserta didik siklus I dengan nilai rata-rata 77,1 (B)
dan meningkat 88,4 (A) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa model kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 09
Manggis Ganting Kota Bukittinggi.
Actions (login required)
|
View Item |