Insani, Mesi Yulia Sri
(2022)
Pengembangan Model Problem Based Learning
pada Materi Gaya dan Energi Terintegrasi Matematika Berbasis Web untuk
Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa PGSD.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan literasi sains dibutuhkan untuk menghadapi tantangan globalisasi.
Namun, banyak calon guru sekolah dasar yang masih rendah kemampuan proses
sainsnya. Salah satu upaya memperbaiki kemampuan proses sains melalui
penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model Problem Based Learning, dan
mengetahui respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran tentang sains
terintegrasi matematika yang telah dilaksanakan. Subjek penelitian ini adalah 32
mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNP.
Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Plomp yang meliputi: yaitu :
1) preliminary research phase, 2) development and prototyping phase, dan 3)
assessment phase. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
tes evaluasi, penyebaran angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa bahan ajar gaya dan energi terintegrasi matematika menggunakan web
berbasis model problem-based learning yang dikembangkan valid dan praktis.
Berdasarkan perhitungan hasil validasi dari tiga ahli pada aspek isi yaitu 96 %
dengan kategori sangat valid. Dan perhitungan hasil validasi dua ahli pada aspek
desain yaitu 91,5% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis
angket praktikalitas, diperoleh nilai praktikalitas sebesar 83,76% dengan kategori
sangat praktis. Mengukur efektivitas bahan ajar menggunakan tes yang sudah
divalidasi dan sudah di ujicoba terlebih dahulu. Setelah mendapat nilai pretest dan
posttest dapat diketahui keefektivan penggunaan bahan ajar pada kelas
eksperimen yaitu dengan menggunakan rumus N-Gain. Dari hasil perhitungan
dapat disimpulkan bahwa N Gain Score Kelas Kontrol adalah 0,17 merupakan
kategori rendah, karena G < 0,3. Dan untuk persentasenya 17,1 % merupakan
kategori tidak efektif karena score < 40 %. Hasil perhitungan N Gain Score Kelas
Eksperimen adalah 0,7145 merupakan kategori tinggi, karena G > 0,7. Dan untuk
persentasenya 70,03 % merupakan kategori cukup efektif. Dengan demikian,
maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem-Based Learning
berbasis web dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains
mahasiswa pada materi gaya dan energi.
Actions (login required)
|
View Item |