Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL)Di Kelas IV SD Negeri 3 Padang Panjang Barat

D'Habsari, Jihan Fira (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL)Di Kelas IV SD Negeri 3 Padang Panjang Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_JIHAN_FIRA_D'HABSARI_18129268_1738_2022.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan observasi, hasil observasi menunjukkan bahwa pada kenyataannya bahwa guru belum menggunakan rpp dengan model Problem Based Learning (PBL), guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran tematik dibandingkan peserta didik, peserta kurang mampu memecakan masalah dalam materi pembelajaran. Sehingga peserta peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini secara umum proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV dengan jumlah 28 orang peserta didik. Data penelitian dikumpulkan menggunakan observasi, tes, non tes. Instrumen Penlitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan lembar tes pada pembelajaran tematik terpadu. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata- rata 73,60% (cukup) dan siklus II 94,44% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 78,57% (baik) dan siklus II 92,85% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 78,57% (baik), dan siklus II 92,85% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 71,45 dan siklus II dengan rata-rata 85. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu dikelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:51
Last Modified: 03 Nov 2022 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40850

Actions (login required)

View Item View Item