Pengembangan Local Instructional Theory Topik Luas dan Keliling Bangun Datar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas III Sekolah Dasar

Harnas, Denny Mulyani (2022) Pengembangan Local Instructional Theory Topik Luas dan Keliling Bangun Datar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_16124098_DENNY_MULYANI_HARNAS_16124098_3980_2022.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Luas dan keliling bangun datar menjadi materi yang membingungkan bagi siswa. Pembelajaran luas dan keliling Sekolah Dasar cenderung disajikan secara konvensional, sehingga siswa mempelajari konsep secara kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Local Instructional Theory (LIT) topik Luas dan Keliling Bangun Datar berbasis RME untuk memberi pemahaman tentang Luas dan Keliling Bangun Datar serta mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research approach) tipe Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari tiga fase yaitu preparing for the experiment, experimenting in the classroom, dan conducting retrospective analyses. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 18 Air Tawar Selatan dan SDN 25 Air Tawar Selatan. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, observasi,dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan LIT untuk topik Luas dan Keliling Bangun Datar dengan pendekatan RME yang dikembangkan berupa alur belajar yang memuat tujuan pembelajaran, aktivitas dan prediksi jawaban peserta didik yang diimplementasikan melalui RPP dan LKS. Dari penelitian ini telah dihasilkan LIT yang valid sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME, praktis dengan kriteria sangat praktis yaitu dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan dan efektif berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa. Desain ini memuat hasil berupa LIT untuk pembelajaran luas dan keliling bangun datar, yaitu: menemukan konsep keliling bangun datar, menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku, menemukan konsep luas bangun datar, dan menentukan luas bangun datar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LOCAL INSTRUCTIONAL THEORY
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:08
Last Modified: 28 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40707

Actions (login required)

View Item View Item