Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay di Kelas IV SD Negeri 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi

Sari, Ratih Mustika (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay di Kelas IV SD Negeri 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_RATIH MUSTIKA SARI_18129031_2968_2022.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini disebabkan karena guru belum maksimal mendorong keaktifan peserta didik, dan pembelajaran masih berpusat kepada guru (teacher centered). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Course Review Horay di kelas IV SD Negeri 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan 22 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan skor 86,36% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 95,45% (sangat baik), b) Aktivitas guru siklus I dengan skor 84,08% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,18% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik siklus I dengan skor 82,95% (cukup), dan meningkat pada siklus II menjadi 93,18% (sangat baik), c) Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 77,16 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 85,14 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu, Course Review Horay (CRH).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:45
Last Modified: 08 Sep 2022 04:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39531

Actions (login required)

View Item View Item