Penerapan Metode Iqra’ dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari Kayutanam

Hasnah, Nur (2022) Penerapan Metode Iqra’ dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari Kayutanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_NUR_HASNAH_17329033_1011_2022.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikkan terhadap penerapan metode iqra‟ dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari Kayutanam karna penerapan metode iqra‟ dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an telah berhasil dilakukan, terbukti dari beberapa murid mendapatkan juara lomba Musabaqoh Tilawatil Qur‟an tingkat provinsi, lomba Kaligrafi tingkat Kabupaten, dan ada dari beberapa alumni yang menjadi hafidz/hafidzah serta di terima di MTS ternama, pesantren ternama, Universitas ternama. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: pertama, penerapan metode iqra‟ dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an. Kedua, penerapan metode iqra‟ dalam pembelajaran menulis Al-Qur‟an. Ketiga, faktor penghambat dan pengdukung metode iqra‟ dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif serta menggunakan studi lapangan. Penelitian dilakukan di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari Kayutanam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, setelah itu digunakan beberapa teknik untuk menguji keabsahan data diantaranya perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan metode iqra‟ dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari Kayutanam dilakukan dengan cara berdo‟a, pengambilan absen, menanyakan kabar, memberi motivasi, apresepsi, membaca huruf hijaiyyah tunggal, huruf hijaiyyah bersambung, huruf hijaiyyah panjang (mad) dan pendek, kuis, berdo‟a, bersalaman dan kegiatan evaluasinya dilakukan berupa evaluasi proses. Kedua, penerapan metode iqra‟ dalam pembelajaran menulis Al-Qur‟an di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari Kayutanam dilakukan dengan cara berdo‟a, pengambilan absen, menanyakan kabar, memberi motivasi, apresepsi, huruf hijaiyyah tunggal, huruf hijaiyyah bersambung, huruf hijaiyyah panjang (mad) dan pendek, kuis, berdo‟a, bersalaman dan kegiatan evaluasinya dilakukan berupa (proses, MID,UAS). Ketiga, faktor penghambat metode iqra‟ di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari Kayutanam yaitu murid yang jarang masuk kelas akan ketinggalan pelajaran dan bahkan lupa dengan huruf-huruf hijaiyyah, faktor pendukung metode iqra‟ di MDA Tarbiyah Islamiyah 3 Nagari Kayutanam yaitu guru yang selalu sabar dan istiqamah dalam mengajarkan murid hingga murid benar-benar mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:04
Last Modified: 25 Aug 2022 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39321

Actions (login required)

View Item View Item