Anggrain, Amallia Dinung (2020) Hubungan Disiplin Sekolah dengan Perilaku Bullying. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
5_A_AMALLIA_DINUNG_ANGGRAINI_16006057_ 115_2021.pdf Download (295kB) | Preview |
Abstract
Perilaku bullying di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana yang kurang mendukung terhadap perkembangan siswa, baik bidang akademik maupun sosial. Bullying merupakan salah satu tindakan kekerasan yang dilakukan baik secara fisik, verbal, sosial maupun cyber bullying yang menyakiti diri siswa lain, biasa berimbas pada orang yang lemah. Salah satu penyebab terjadinya bullying adanya disiplin yang kaku. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perilaku bullying siswa, disiplin sekolah, dan menguji hubungan disiplin sekolah dengan perilaku bullying. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 26 Padang yang berjumlah 502 orang siswa, dengan sampel sebanyak 223 orang siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument angket displin sekolah dan instrument angket perilaku bullying model skala likert. Untuk melihat hubungan kedua variabel menggunakan Pearson Correlation Product Moment. Hasil penelitian ini menemukan: 1) Disiplin sekolah berada pada kategori sedang dengan persentase 45,3%, 2) perilaku bullying siswa mayoritas berada pada kategori sedang dengan persentase 49,8% 3) terdapat hubungan yang negatif signifikan antara disiplin sekolah dengan perilaku bullying dengan rxy = - 0,498 dan taraf signifikan sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa SMP Negeri 26 Padang mayoritas disiplin sekolah sedang dan mayoritas memiliki perilaku bullying sedang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1 |
Depositing User: | Mrs. Dina Aulia Sari |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 02:43 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 02:43 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37045 |
Actions (login required)
View Item |