Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Meggunakan Model Pembelajaran Role Playing pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 39 Pasar Gompong.

Dewi, Resti Putri (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Meggunakan Model Pembelajaran Role Playing pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 39 Pasar Gompong. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RESTI_PUTRI_DEWI_16129389_410_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang ditemui dilapangan yaitu guru belum maksimal menerapkan model pembelajaran inovatif. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 39 Pasar Gompong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 39 Pasar Gompong dengan jumlah 29 orang siswa. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pengamatan RPPsiklus I rata-rata 84,72%kualifikasi baik, meningkat menjadi 94,44% kualifikasi sangat baik pada siklus ke II. aspek guru siklus I rata-rata 82,69% kualifikasi baik meningkat menjadi 95,45% kualifikasi sangat baik pada siklus II.Aspek siswa siklus I rata-rata 82,29% kualifikasi cukup,meningkat menjadi 93,18% kualifikasi sangat baikpada siklus II. HasilbelajarpadasiklusI rata-rata66,58% kualifikasi kurang meningkat menjadi 86,35% kualifikasi baik pada siklus II. Berdasarkan hasilnya dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:02
Last Modified: 17 Feb 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36966

Actions (login required)

View Item View Item