Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E­ Book Dalam Pembelajaran Sejarah lndonesia Guna Melatih Kemampuan Berpikir Kronologis Peserta Didik

Herdianto, Heru (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E­ Book Dalam Pembelajaran Sejarah lndonesia Guna Melatih Kemampuan Berpikir Kronologis Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_HERU_HERDIYANTO_17046108_658_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran sejarah, peserta didik dituntut untuk mampu berpikir kronologis dalam peristiwa sejarah yang di dalamnya memuat pentingnya unsur waktu yang merupakan salah satu lingkup yang penting dalam memahami peristiwa sejarah secara kronologis. Berdasarkan temuan observasi dan wawancara pada bulan September hingga Novemver 2020 di SMAN 7 Bengkulu Utara, peserta didik kurang mampu berpikir secara kronologis dan kurang tertariknya peserta didik dengan pembelajaran yang berbasis konvensional padahal sekolah tersebut mengarahkan pembelajaran berbasis teknologi dengan saran dan prasarana yang telah disediakan sekolah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberi inovasi dalam pembelajaran sejarah agar lebih menarik dan berbasis teknologi yaitu menggunakan bahan ajar berbasis e­ bookguna melatih kemampuan berpikir kronologis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan bahan ajar e­book pembelajaran sejarah Indonesia guna melatih berpikir kronologis peserta didik; (2) Untuk menguji kelayakan bahan ajar e­book mata pelajaran sejarah guna melatih berpikir kronologis peserta didik. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Namun, dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahapan development. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam mengembangkan bahan ajar e-book guna melatih kemampuan berpikir kronologis Penelitian dan pengembangan (R&D) ini telah menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar e­ book untuk pembelajaran sejarahindonesia.Tahapan dilakukan adalah analisis, menganalisis pemasalahan yang ada di sekolah tersebut dan dicarikan solusi dari masalah tersebut. Selanjutnya dilakukan tahap rancangan atau desain dengan membuat bahan ajare­book dengan mengunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pro dan merancang bahan ajar e­book dari mulai proses pembuatan sampai hasil produk tersebut. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar e­bookoleh ahli materi mendapatkan nilai: 1) Materi Melatih Kemampuan Berpikir Kronologis diberi nilai rata-rata 4,00 (sangat layak); 2) Kebahasaan diberi nilai rata-rata 3,83 (sangat layak); 3) Latihan diberi nilai rata-rata 3,40 (sangat layak); 4) Kesahian Materi diberi nilai rata-rata 3,87 (sangat layak). Hasil analisis juga di peroleh dari validasi ahli bahan ajar yakni: 1) Kesesuaian Kurikulum dengan nilai rata-rata 3,50 kriteria sangat layak; 2) Kesesuaian Dengan Teori Konstruktivistik dengan nilai rata-rata 4,00 kriteria sangat layak; 3) Fungsi Bahan Ajar dengan nilai rata- rata 3,75 kriteria sangat layak; 4) Manfaat Bahan Ajar dengan nilai rata-rata 4,00 kriteria sangat layak; 5) Komponen Bahan Ajar dengan nilai rata-rata 3,85 kriteria sangat layak. Berdasarkan hasill penelitian maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-book sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Feb 2022 00:25
Last Modified: 11 Feb 2022 00:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36832

Actions (login required)

View Item View Item