Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Koto Tuo.

Hanniyah, Dwi (2021) Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Koto Tuo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DWI_HANNIYAH_15129170_1452_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SD Negeri 02 Koto Tuo Kecamatan Harau yang terlihat masih kurang dalam menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa, sehingga siswa menjadi tidak paham dengan materi dan menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas V SD Negeri 02 Koto Tuo Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini didahului dengan perencanaan, peelakanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan 28 siswa kelas V SD Negeri 02 Koto Tuo Kecamatan Harau. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata dari 84,72% (B) menjadi 94,44% (A), aktivitas guru dari 82,5% (B) meningkat menjadi 95% (A) dan aktivitas siswa pada siklus I adalh 81,25% (B) menjadi 95% (A) pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I memperoleh nilai 72,14 menjadi 84,29. Mata pelajaran PPKn siklus I diperoleh rata-rata nilai 74,64 dan meningkat pada siklus II menjadi 88,57. Pada mata pelajaran IPS diperoleh nilai rata-rata pada siklus I 78,21 meningkat pada siklus II menjadi 92,86. Sedangkan pada aspek keterampilan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh nilai pada siklus I 68,52 meningkat pada siklus II menjadi 86,16. Pada mata pelajaran PPKn diperoleh nilai rata-rata 73,51 dan meningkat pada siklus II menjadi 85,11. Mata pelajaran IPS diperoleh nilai pada siklus I 73,36 meningkat menjadi 86,01. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas dengan model Contextual Teaching and Learing (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 02Koto Tuo Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING, PEMBBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:32
Last Modified: 10 Feb 2022 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36811

Actions (login required)

View Item View Item