Efektivitas Automatic Bike dalam Meningkatkan Kelenturan Sendi Kaki pada Anak Cerebral Palsy di Rumah Gadang Cerebral Palsy Sumatera Barat.

Luthfiyah, Fairuz (2021) Efektivitas Automatic Bike dalam Meningkatkan Kelenturan Sendi Kaki pada Anak Cerebral Palsy di Rumah Gadang Cerebral Palsy Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FAIRUZ_LUTHFIYAH_17003162_1856_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas efektifitas Automatic Bike dalam meningkatkan kelenturan sendi kaki pada anak cerebral palsy. Penelitian dilakukan di Rumah Gadang Cerebral palsy Sumatera Barat. Terlihat saat peneliti melakukan pengamatan dan identifikasi di tempat terapi tersebut menemukan seorang anak yang berinisial AT yang mengalami ganguan motorik alat gerak bawah, yakni pada sendi kaki nya mengalami kekakuan, sulit untuk menekukkan lulut, menekukkan pergelangan kaki dan lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Kondisi Fase A yaitu kemampuan motorik kasar sebelum diberikan perlakuan. Kondisi Fase B (fase intervensi) kondisi dimana anak diberikan perlakuan dengan menggunakan Automatic Bike. Target kemampuan yang dikuasai dalam penelitian ini adalah kelenturan sendi yang terdapat di kaki, yakni sendi pinggul, sendi lutut, dan sendi pergelangan kaki. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis visual dan grafik (Visual Analisis Of Grafic Data). Pada kondisi Fase A yakni kondisi awal motorik kaki dengan mean level yaitu 3,6 dan pada kondisi Fase B (fase intervensi) dengan mean level 8,5. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kelenturan sendi pada kaki menggunakan Automatic Bike yaitu meningkat/positif dengan presentase kecenderungan stabilitas 25%. Dengan demikian berarti alat Automatic Bike efektif meningkatkan kelenturan sendi kaki bagi anak cerebral palsy. di Rumah Gadang Cerebral Palsy Sumatera Barat. Peneliti menyarankan pada terapis hendaknya dapat mengunakan Automatic Bike untuk meningkatkan kelenturan sendi kaki bagi anak cerebral palsy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SENDI KAKI, CEREBRAL PALSY, AUTOMATIC BIKE.
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:26
Last Modified: 07 Feb 2022 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36668

Actions (login required)

View Item View Item