Deswalantri, Deswalantri (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Meringkas Teks dengan Teknik Mind Map. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_8_DESWALANTRI_1619438_3870_2021.pdf Download (585kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penulisan disertasi ini karena kerisauan peneliti terhadap kemampuan meringkas (summarizing) siswa yang belum memenuhi syarat. Siswa terbiasa menyalin kembali sebagian besar teks yang diakui sebagai meringkas. Guru masih menggunakan metode konvensional, tidak berupaya menemukan strategi meringkas yang menarik dan menyenangkan. Meringkas merupakan materi strategis, termasuk dalam KD 4.4. Hampir setiap akhir pembelajaran siswa diminta untuk meringkas, akan tetapi meringkas belum menjadi prioritas utama guru dalam pembelajaran. Keterampilan meringkas juga membantu siswa menjawab ujian dengan cepat karena mereka terampil menemukan ide-ide pokok yang menjadi kunci suatu soal. Prosedur penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model Dick and Carey. Uji coba produk dilakukan dengan eksperimen untuk menguji efisiensi dan efektivitas meringkas dengan mind map. Subjek uji coba tiga sekolah di Kabupaten Padang Pariaman yaitu SMP 1 Lubuk Alung, SMP 4 Lubuk Alung, dan SMP 2x11 Enam Lingkung. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods yaitu kombinasi kualitatif dengan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja meringkas siswa rata-rata berada dalam kriteria penilaian baik sekali. Siswa meringkas dengan menyenangkan, selain itu juga membentuk karakter kerjasama yang kompak, jujur, dan penuh kreativitas menggambar dan mewarnai. Uji efektivitas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar antara pretest dan postest. Setelah ditabulasikan ke rumus. maka hasilnya tingkat efektivitas sangat memuaskan
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 04:12 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 04:12 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36569 |
Actions (login required)
View Item |