Pengaruh Metode Brainstorming (Sumbang Saran) terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 04 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat

Suri, Ratna Mairisa (2021) Pengaruh Metode Brainstorming (Sumbang Saran) terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 04 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_RATNA_MAIRISA_SURI_2831_17129171_2021.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik, kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dan siswa kurang berani mengatakan pendapat atau idenya dalam pembelajaran sehingga pembelajaran cendrung pasif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh metode brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 04 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen design. Desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Non probalbility sampling dengan jenis sampling purposive. Adapun populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN 04 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat yang mana setelah dilakukannya penarikan sampel terpilih sampel kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan teknik analisis yang digunakan adalah uji statistik dengan uji-t.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil pretest kelas eksperimen dengan menerapkan metode brainstorming adalah 50,22 dan hasil postest rata-ratanya sebesar 74,13. Sedangkan di kelas kontrol dengan metode konvensional nilai pretest sebesar 60,45 dan postest nilai rata-rata sebesar 67,5. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh > yaitu 2,13 > 2,02 dengan taraf nyata 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 04 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brainstorming,Hasil Belajar, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:29
Last Modified: 05 Jan 2022 06:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36066

Actions (login required)

View Item View Item