Penerapan Model Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 20 Sitiung Kab. Dharmasaya.

Muliani, Muliani (2021) Penerapan Model Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 20 Sitiung Kab. Dharmasaya. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_MULIANI_5084_17129363_2021.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, dimana peserta didik kurang aktif dan tampak tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga mengkibatkan rendahnya hasil belajar. Hal ini disebabkan karena guru masih cenderung menggunakan pembelajaran yang berorientasi kepada guru saat menjelaskan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tematik terpadu belum sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Number Head Together untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 20 Sitiung Kab. Dharmasraya.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas IV SD N 20 Sitiung sebanyak 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II. Rata-rata persentase pengamatan RPP pada siklus I adalah 82,13% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 89,28% pada siklus II dengan kualifikasi baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, rata-rata persentase untuk aspek guru pada siklus I adalah 84,37% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 90,62% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik.pada hasil pengamatan pelaksaan pembelajaran rata-rata persentase untuk aspek siswa pada siklus I ada;ah 84,38% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 90,62% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 82,13 meningkat menjadi 90,92 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 8 di Kelas IV SDN 20 Sitiung Kabupaten Dharmasrya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Number Head Together , Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Dec 2021 01:03
Last Modified: 22 Dec 2021 01:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35867

Actions (login required)

View Item View Item