Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VI SD

Mardiyah, Ainul (2019) Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VI SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_AINUL_MARDIYAH_16124003_346_2019.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Kemampuan matematis siswa khususnya kemampuan berfikir kreatif matematis siswa masih rendah. Hal ini terjadi karena pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru dan menggunakan soal-soal tertutup dalam kegiatan pembelajaran. Siswa cenderung pasif dan belum memiliki kesempatan mengemukakan ide-idenya dalam memecahkan suatu permasalahan matematika. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penerapan pendekatan open ended. Pembelajaran dengan pendekatan open ended memberikan kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah dengan berbagai cara yang benar sehingga mampu merangsang siswa untuk lebih kreatif dalam memberikan ide-ide yang berbeda. Pendekatan open ended dan motivasi belajar dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Gugus I Kecamatan Matur. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 11Pauh dan siswa kelas VI SDN 01 Matua. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t dan Anava dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang belajar dengan pendekatan open ended lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional, 2) kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah yang belajar dengan pendekatan open ended lebih tinggi daripada yang belajar dengan pendekatan konvensional, 3) terdapat interaksi antara pendekatan open ended dan motivasi belajar matematika siswa dengan kemampuan berfikir kreatif matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:00
Last Modified: 21 Dec 2021 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35838

Actions (login required)

View Item View Item