Model Pembelajaran Analogi untuk Peningkatan Hasil Belajar pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT-UNP

Syahri, Budi and Media, Afriza and Prasetya, Febri (2018) Model Pembelajaran Analogi untuk Peningkatan Hasil Belajar pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. In: Prosiding Seminar Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia (APTEKINDO), 11-14 Juli 2018, Surabaya.

[img]
Preview
Text
BUDI_SYAHRI_Prosiding_Nasional_Aptekindo_2018_OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian adalah hasil belajar mahasiswa rendah. Hal ini terlihat dari pelajaran teknik listrik dan elektronika dasar adalah pelajaran yang sulit dan dipenuhi oleh angka-angka. Bahkan tidak jauh dari persoalan konsep dan pemahaman konsep. Serta, penyelesaian soal-soal yang rumit yang menuntut mereka untuk teliti menyelesaikan soalsoal yang ada, Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Analogi di jurusan Teknik Mesin pada Mata Kuliah Teknik Listrik dan Elektronika Dasar. jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Model Pembelajaran Analogi yang dikembangkan oleh Glynn. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teknik Listrik dan Elektronika Dasar dengan kode Seksi 201620670063 yang berjumlah 32 orang mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal ujian. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian memberikan penilaian bahwa hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan. Pada siklus 1 persentase ketuntasan klasikal mahasiswa sebesar 62,5% atau sebanyak 20 orang mahasiswa, meningkat menjadi 90,6% atau sebanyak 29 mahasiswa pada siklus 2.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Analogi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 17 Dec 2021 08:05
Last Modified: 17 Dec 2021 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35820

Actions (login required)

View Item View Item