Vitri, Yolanda (2021) Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Struktur Atom Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_07_YOLANDA_VITRI_16035043_4442_2021.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan variasi latihan berupa permainan ular tangga kimia untuk memantapkan konsep peserta didik pada materi Struktur Atom dan menentukan tingkat validitas berdasarkan fungsi media. Jenis penelitianadalah Design Research dengan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) pembentukan prototipe dan (3) penilaian. Penelitian ini dibatasi pada tahap pembentukan prototipe dan evaluasi formatif tahap one to one dan expert review. Penilaian one to one dilakukan dengan mewawancarai 3orang peserta didik kelas X SMAN 7 Padang. Penilaian expert review dilakukan dengan uji validitas melalui angket validasi oleh 3 orang guru kimia SMAN 7 Padang dan 2 orang dosen kimia FMIPA UNP. Data yang dikumpulkan melalui angket validitas dianalisis dengan formula Aiken’s V. Penelitian menghasilkan permainan ular tangga kimia yang valid berdasarkan fungsi media. Nilai V yang dihasilkan 0,83 yang dikategorikan valid. Dengan demikian permainan ular tangga kimia dikatakan valid sebagai media pembelajaran untuk materi Struktur Atom berdasarkan fungsi media yaitu: fungsiatensi, fungsi afektif, fungsi kognitif dan fungsi kompensantoris
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERMAINAN ULAR TANGGA KIMIA |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 01 Dec 2021 07:04 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 07:04 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35479 |
Actions (login required)
View Item |