Fungsi Musik Iringan pada Tari Pisau Dua dalam Acara Bimbang Adat di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu

Syahputra, Muhammad Ilham (2021) Fungsi Musik Iringan pada Tari Pisau Dua dalam Acara Bimbang Adat di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MUHAMMAD_ILHAM_SYAHPUTRA_17232042_2939_2021.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Fungsi Musik Iringan pada Tari Pisau Dua dalam Acara Bimbang Adat di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Objek penelitian mengenai Fungsi Musik Iringan Pada Tari Pisau Dua di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Instrumen utama yang digunakan adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera foto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, memilih data yang sesuai dengan Fungsi Musik Iringan Tari Pisau Dua lalu mendeskripsikan data yang sesuai dengan masalah-masalah yang dibahas. Hasil penelitian bahwa Tari Pisau Dua ditampilkan pada Acara Bimbang Adat (pemikahan) di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma merupakan salah satu tari tradisional memiliki fungsi yang cukup melekat di tengah-tengah masyarakat yaitu merupakan tarian tradisional masyarakat Desa Sendawar yang menggunakan alat musik sederhana yaitu 2 Redap dan Serunai. Redap berfungsi sebagai pengatur tempo yang memiliki ritme dan Serunai sebagai melodi yang mengiringi penari untuk menciptakan suasana dalam tari. Musik pada Tari Pisau Dua sebagai iringan tari karena musik disini hanya mengiringi tari bukan sebagai acuan untuk menetukan pergantian gerak serta memiliki hubungan yang sangat erat karena musik sendiri tidak bisa dipisahkan dari tari yaitu sebagai ritme dan tempo, pencipta suasana serta gaya dan bentuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:36
Last Modified: 28 Oct 2021 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34958

Actions (login required)

View Item View Item