Pengaruh Model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain,Create) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanjung Raya

Andini, Selfi Rahmi (2021) Pengaruh Model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain,Create) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanjung Raya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SELFI_RAHMI_ANDINI_17129409_2266_2021.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu, karena peserta didik belum aktif dalam pelaksanaannya pembelajarannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model RADEC terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SD Gugus Kecamatan Tanjung Raya. Jenis Penelitian adalah kuantitatif dalam bentuk quasy eksperiment design. Desain yang digunakan adalah The Non equivalent Control Group Design. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel ialah cluster random sampling, Populasi sebanyak 7 SD dalam lingkup Gugus II Kec. Tanjung Raya. Penelitian dilakukan di SDN 01 Maninjau dan diperoleh kelas VA yang beranggotakan 19 peserta didik untuk kelas eksperimen dan kelas VB yang beranggotakan 20 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitasnya kemudian uji homogenitasnya serta uji hipotesisnya menggunakan uji t. Berdasarkan hasil Pretest diperoleh rata-rata pada di kelas eksperimen ialah 44,05263 dan setelah menerapkan model pembelajaran RADEC diperoleh rata-rata post-test 82,47. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata pretest 44,15 dan rata-rata post-test setelah diajarkan menggunakan pendekatan konvensional adalah 69,5. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung= 3,68 dan ttabel 1,68709 dengan taraf nyata 0,05. Dengan demikian thitung = 3,68 > ttabel = 1,68709, dan model RADEC terhadap hasil belajar peserta didik memiliki koefesien determinasi sebesar 91,7%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model RADEC terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanjung Raya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:35
Last Modified: 28 Oct 2021 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34949

Actions (login required)

View Item View Item