Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas IV SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang

Midianti, Mhena (2021) Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas IV SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MHENA_MIDIANTI_16129348_2019_2021.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru tidak menggunakan model yang inovatif dalam pembelajaran, peserta didik belum dibimbing untuk melakukan diskusi dengan temannya, dan peserta didik tidak mendapat keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan oleh guru dalam pembelajaran hanya fokus terhadap buku siswa dan menerangkan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar dengan menggunakan pendekatan PMRI bagi peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanan dan pelaksanaan menggunakan pendekatan PMRI. Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian yaitu pada siklus I dalam penilaian RPP memperoleh rata�rata 80% (B) dan meningkat 92,5% (SB) pada siklus II. Pada aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 74,99% (C) dan meningkat 94,63% (SB) pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,99% (C) dan meningkat 94,63% (SB) pada siklus II. Hasil belajar peserta didik siklus I dengan rata-rata 55,76% (D) dan meningkat 86,53% (SB) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV SD Negeri 01 Sawahan Kota Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:45
Last Modified: 26 Oct 2021 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34861

Actions (login required)

View Item View Item