Kontribusi Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) terhadap Kesiapan menjadi Guru Profesional pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Angkatan 2016 dan 2017 Universitas Negeri Padang.

Fauzi, Zikri (2021) Kontribusi Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) terhadap Kesiapan menjadi Guru Profesional pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Angkatan 2016 dan 2017 Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_ZIKRI_FAUZI_16073026_507_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang berkualitas tidak akan terwujud tanpa adanya guru yang profesional. Guru profesional merupakan seorang pendidik yang memiliki kompetensi-kompetensi seorang guru dan memiliki dedikasi penuh terhadap profesinya. PLK bertujuan untuk memberi pengalaman nyata kepada mahasiswa agar dapat merasakan dan menjiwai tugas-tugas seorang pendidik profesional. Program PLK diharapkan mahasiswa menjadi lebih siap menjadi seorang guru yang profesional dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena penelitian ini banyak menggunakan angka-angka. Variabel terikat pada penelitian ini adalah Kesiapan Menjadi Guru Ptofesional dan variabel bebas penelitian ini adalah Praktik Lapangan Kependidikan (PLK). Populasi pada penelitian ini berjumlah 109 mahasiswa mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2016 dan 2017 yang telah mengikuti kegiatan PLK dan sampel yang digunakan berjumlah 52 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (Rxy) sebesar 0,935 dan nilai koefisien determinasi (R²x,y) sebesar 0,874. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Praktik Lapangan Kependidikan dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional yang berarti bahwa semakin lama Praktik Lapangan Kependidikan yang dilakukan mahasiswa maka akan semakin tinggi Kesiapan Menjadi Guru Profesional, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:41
Last Modified: 18 Oct 2021 04:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34793

Actions (login required)

View Item View Item