Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 9 Tanah datar

Basari, Ihsan (2021) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 9 Tanah datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_IHSAN_BASARI_17329069_3270_2021.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Tanah Datar, 2) mengetahui hasil didapatkan peserta didik dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran akidah akhlak, 3) mengetahui kendala yang dihadapi serta solusi guru dalam penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji pengabsahan data mengunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) perencanaan pembelajaran yang di persiapkan guru yaitu RPP, silabus, prota, prosem, minggu efektif, dan bahan ajar. 2) guru telah menerapkan lima komponen pendekatan saintifik: mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. 3) kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran ialah masalah waktu yang singkat di masa pandemi Covid 19 yaitu hanya 30 menit satu jam pembelajaran, adanya peserta didik yang ngantuk dan kurang semangat dalam belajar serta kendala lainya. 4) solusi dari kendala yang dihadapi yaitu guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik, guru meminta peserta didik datang keperpustakaan mencari materi ajar, membagikan bahan ajar untuk dipelajari di rumah dan mengoptimalkan waktu belajar di sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:20
Last Modified: 15 Oct 2021 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34745

Actions (login required)

View Item View Item