“Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Tracker dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Gerak Harmonis Sederhana

Lusiana, Lusiana (2021) “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Tracker dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Gerak Harmonis Sederhana. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LUSIANA_17175043_16670_2021.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan Kurikulum 2013 yang menyatakan bahwa Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan tantangan kemajuan teknologi informasi, kebangkitan industri kreatif dan budaya, serta perkembangan pendidikan ditingkat Internasional. Untuk itu, diperlukan sebuah inovasi dalam pembelajaran sejatinya pengembangan model pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran yang sejalan dengan tuntutan Kurikulum 2013, menggunakan LKPD adalah salah satu sumber belajar sederhana yang mudah dipahami oleh peserta didik, model pembelajaran project based learning sebagai salah satu model pembelajaran dan dapat meningkatkan kreatifitas peserta didik, serta aplikasi tracker sebagai media pembelajaran berbasis IT yang dapat bersaing ditingkat pendidikan Internasional. Tujuan penelian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis project based learning berbantuan aplikasi tracker dengan pendekatan saintifik pada materi Gerak Harmonis Sederhana dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket analisis, lembar analisis, lembar validitas, lembar praktikalitas, tes objektif, lembar observasi sikap, dan penilaian keterampilan. Teknik analisis data untuk analisis validitas menggunakan Aiken’s, dan untuk analisis praktikalitas dan efektifitas menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis model project based learning berbantuan aplikasi tracker dengan pendekatan saintifik berkategori valid yang didapat rata-rata dari para ahli (0,78). LKPD ini sangat praktis menurut pendidik (87,08) dan peserta didik dengan tingkat praktikalitas secara berturut-turut adalah (92,21). LKPD yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kompetensi peserta didik meliputi kompetensi pengetahuan (84,13), kompetensi sikap (82,55), dan kompetensi keterampilan (83,48). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan berkategori valid, sangat praktis dan efektif dalam meningkatkan kompetensi peserta didik dan dapat diterapkan pada cakupan yang lebih luas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:06
Last Modified: 30 Sep 2021 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34226

Actions (login required)

View Item View Item