Pengembangan Media Evaluasi Quiz Creator Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 2 Lubuk Basung

Saputra, Deni (2021) Pengembangan Media Evaluasi Quiz Creator Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DENI_SAPUTRA_18138043_1420_2021.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Sehubungan belum adanya ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar (KJD), siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, pembelajaran masih berpusat pada guru, media evaluasi yang digunakan masih bersifat konvensional, belum memiliki media evaluasi yang mendapatkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, maka untuk mengatasi hal tersebut peneliti melakukan pengembangan media evaluasi quiz creator dengan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran KJD di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan media evaluasi quiz creator dalam pembelajaran berbasis proyek yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Develompment dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, dessiminate). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan nilai validitas, praktikalitas, efektifitas media evaluasi quiz creator. Hasil yang diperoleh validator media: 0,88 dengan kategori valid, dari validator RPP: 0,92 dengan kategori valid, dan validator materi: 0,89 dengan kateogi valid. Untuk tingkat kepraktisan yang dinilai dari respon praktisi sebesar 89 berkategori praktis dengan pernyataan positif sebesar 85,12 berkategori praktis dan pernyataan negatif sebesar 84,17 dengan kategori sangat tidak setuju, yang berarti bahwa siswa sangat tertarik untuk menggunakan media evaluasi quiz creator. Dari uji efektivitas dengan pengujian normalitas, homogenitas, uji-t dan keefektifan media evaluasi, didapatkan rata-rata nilai pretest sebesar 64,86 dan posstest siswa sebesar 80,56 dan dinyatakan efektif. Sesuai penelitian yang dilakukan, mendapatkan kesimpulan bahwa media evaluasi quiz creator dalam pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran KJD di kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung, dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:56
Last Modified: 24 Sep 2021 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34033

Actions (login required)

View Item View Item