Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring di SMAN 06 Merangin.

Andriyanti, Ayu (2021) Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring di SMAN 06 Merangin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AYU_ANDRIYANTI_17031057_2201_2020.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 sangat terasa pada berbagai sektor, termasuk pendidikan. Hal tersebut membuat Indonesia memberlakukan pembatasan aktivitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran daring. Kemendikbud mengeluarkan Surat Edaran No 15 Tahun 2020 sebagai pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Guru sebagai pengelola pembelajaran harus mampu mempersiapkan pembelajaran yang akan dilakukan meskipun belum pernah melakukan pembelajaran daring sebelumnya. Pembelajaran daring merupakan suatu hal yang baru bagi guru di SMAN 06 Merangin tidak terkecuali pada guru biologi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru biologi, dan peserta didik. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis Miles & Huberman dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian terhadap pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring di SMAN 06 Merangin menujukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan meliputi: menentukan aplikasi, pendataan kondisi dan nomor telepon siswa, menyiapkan perangkat pembelajaran daring; (2) pelaksanaan pembelajaran daring terdiri dari kegiatan pendahuluan berupa mengisi absensi melalui Google Form, Google Classroom atau Whatsapp dan penyampaian tujuan pembelajaran. Kegiatan inti meliputi penyampaian materi, sesi tanya jawab melalui Classroom atau Whatsapp. Kegiatan penutup berupa penarikan kesimpulan dan penugasan; (3) penilaian pembelajaran daring meliputi, penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap. Nilai pengetahuan diperoleh dari penilaian tugas, diskusi dan ujian online. Nilai keterampilan diperoleh dari tugas proyek dan praktikum Online. Sedangkan nilai sikap dilihat dari absensi. Lemahnya pengawasan terhadap siswa, kurang kuatnya sinyal di daerah pelosok dan tidak semua siswa memiliki perangkat mobile menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring di SMAN 06 Merangin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:30
Last Modified: 08 Sep 2021 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33512

Actions (login required)

View Item View Item