Peran Model Problem Based Learning dan Motivasi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Putra, Redho Ade (2021) Peran Model Problem Based Learning dan Motivasi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_REDHO_ADE_PUTRA_18124043_1648_2021.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis menjadi sebuah permasalahan dalam pembelajaran, seluruh penelitian yang dikajimemecahkan permasalahan terhadap berpikir kritis menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan pemberian motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, membandingkan, melakukan analisis hasil-hasil penelitian dan studi, serta mengembangkan dan memperkaya pemaham tentang peran model problem based learning danmotivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis. Jenis pendekatan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini termasuk ke dalam penelitian studi literature (library research). Sumber data diperoleh dari artikel jurnal dan sumber non riset. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara mencari sumber yang terkait dengan variabel penelitian selanjutnya dilakukan pengkajian terhadap artikel untuk memperoleh hasil review terhadap artikel tersebut. Analisis dilakukan pada artikel dengan jumlah lebih dari 60 artikel dengan kategori 30 artikel yang membahas tentang pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, seluruh artikel yang dianalisis dapat digunakan sebagai bahan kajian studi literatur. Namun, pada beberapa artikel masih ada sedikit kekurangan dalam proses penganalisisan. Artikel hanya memaparkan nilai posttest saja atau hanya memaparkan peningkatan nilai pretestt-posttes, namun secara garis besar artikel sudah memaparkan data dengan lengkap. Selanjutnya hasil kajian terhadap 30 artikel yang membahastentang pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, sebanyak 26 artikel yang dapat dijadikan sebagai sumber dan bahan studi literature dalam penelitian ini. Hal ini dikarenakan 4 artikel yang tidak dapat dijadikan sebagai sumber kajian tersebut hanya mendeskripsikan motivasi belajar sebagai variabel yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Namun besar kontribusi atau pengaruh yang ditimbulkan dari penerapan motivasi belajar belum dijelaskan atau digambarkan dalam bentuk deskripsi maupun data. Berdasarkan hasil analisis terhadap 60 artikel diperoleh kesimpulan adanya peran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, serta adanya peran motivasi belajarterhadap keterampilan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:12
Last Modified: 04 Aug 2021 06:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32711

Actions (login required)

View Item View Item