Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV B SDN 26 Painan Selatan

Saputri, Fanny (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV B SDN 26 Painan Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FANNY_SAPUTRI_17129326_2892_2021.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV B SDN 26 Painan Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV B SDN 26 Painan Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti selaku praktisi, guru selaku observer, teman sejawat selaku observer dan siswa kelas IV B SDN 26 Painan Selatan sebanyak 13 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan dari setiap tindakan, sumber data berasal dari proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Think Pair Share. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, tes dan non tes. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I dengan memperoleh rata-rata 82,5% dengan kualifikasi baik (B), aspek guru memperoleh rata-rata 80% dengan kualifikasi baik (B), aspek siswa memperoleh rata-rata 80% dengan kualifikasi baik (B), hasil belajar siklus I memperoleh rata-rata 79,52% dengan kualifikasi baik (B), b) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus II dengan memperoleh rata-rata 95% dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek aspek guru memperoleh rata-rata 95% dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek siswa memperoleh rata-rata 95% dengan kualifikasi sangat baik (SB), hasil belajar siklus II memperoleh rata-rata 91,48% dengan kualifikasi baik (SB),. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV B SDN 26 Painan Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:17
Last Modified: 03 Aug 2021 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32659

Actions (login required)

View Item View Item