Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit untuk Kelas X SMA/MA

Handri, Silvi (2020) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_SILVI_HANDRI_16035038_3594_2020.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Materi larutan elektrolit adalah materi pembelajaran untuk kelas X SMA semester 2. Materi ini membutuhkan waktu pembelajaran yang cukup lama dikarenakan adanya pembelajaran yang dilakukan di laboratorium. Penerapan model pembelajaran problem based learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk LKPD berbasis problem based learning dan menguji tingkat validitas dari bahan ajar yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian ini dibatasi sampai tahap prototipe III yaitu tahap validasi. Instrument penelitian ini menggunakan lembar validasi terhadap 2 orang dosen Kimia UNP dan 3 orang guru Kimia SMA Negeri 8 Padang yang dianalisis dengan menggunakan skala Aiken’s V. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa LKPD yang dihasilkan valid dengan nilai rata-rata V sebesar 0,87 dari segi komponen isi, komponen penyajian, komponen kebahasaan dan komponen kegrafisan. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa LKPD berbasis problem based learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dihasilkan sudah valid untuk digunakan dalam pembelajaran Kimia di tingkat SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2021 03:02
Last Modified: 04 May 2021 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31387

Actions (login required)

View Item View Item