Keterampilan Berpikir TingkatTinggi Siswa dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Koloid : Sebuah Study Literatur

Naution, Rizki Anggi Suhairah (2020) Keterampilan Berpikir TingkatTinggi Siswa dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Koloid : Sebuah Study Literatur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RIZKI_ANGGI_SUHAIRAH_NASUTION_16035035_2270_2020.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Kurikulum pembelajaran di Indonesia menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills), materi sistem koloid merupakan salah satu materi pelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia, materi ini berisi teori dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga siswa dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah secara kontekstual, salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memecahkan masalah secara kontekstual dan mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu model inkuiri, model inkuiri yang digunakan sesuai tuntutan kurikulum yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing materi sistem koloid. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Juli. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan jenis tinjauan literatur semi-sistematis, sifat dari penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa 18 jurnal ilmiah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan metode analisis data Miles and Hubarmen. www.googlescholar.comdan www.elsevier.com merupakan database yang digunakan dalam penelitian ini. Prosedur percobaan yang digunakan mengikuti tahapan sebagai berikut: 1) Merancang Ulasan, 2) Melakukan Tinjauan, 3) Analisis, 4) Menulis ulasan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran model inkuiri terbimbing materi sistem koloid dapat dilihat pada tahap eksplorasi, pembentukan konsep, aplikasi, serta penutup

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 May 2021 02:50
Last Modified: 03 May 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31358

Actions (login required)

View Item View Item