Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia dan Zat Aditif dan Adiktif berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas VIII SMPN 1 Kec. Mungka

Syafti, Nadya Khairiyah (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia dan Zat Aditif dan Adiktif berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas VIII SMPN 1 Kec. Mungka. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NADYA_KHAIRIYAH_SYAFTI_19177018_350_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi membawa manusia dalam persaingan global. Cara yang dapat ditempuh oleh suatu negara agar dapat bertahan dalam persaingan global yaitu dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia seperti pendidikan. Berdasarkan hasil investigasi awal di SMPN 1 Kee. Mungka terhadap guru IPA, diketahui bahwa pembelajaran IPA yang dilakukan hanya menggunakan media pembelajaran seperti powerpoint yang di download dari youtube, charta - charta dan menggunakan objek langsung namun masih belum adanya ketersedian bahan ajar berupa multimedia interaktif di sekolah. Kesulitan peserta didik untuk memahami materi pelajaran IPA pada konsep-konsep yang abstrak, berdampak terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif pada Materi sistem pencemaan manusia dan zat aditif dan adikif yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan (research and development) multimedia interaktif menggunakan model plomp. Metode penelitian ini dilkakukan evaluasi formatif pengujian validasi multimedia interaktif oleh 3 orang dosen validator, praktikalitas multimedia interaktif oleh guru biologi dan peserta didik, efektifitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penilaian validasi oleh validator terhadap multimedia interaktif materi sistem pencemaan manusia menunjukkan nilai rata-rata 90,56% (sangat valid) dan penilaian validasi oleh validator terhadap multimedia interaktif materi zat aditif dan adiktif menunjukkan nilai rata-rata 88,68% (sangat valid). Hasil penilaian praktikalitas oleh guru biologi menunjukkan nilai rata-rata 86,51 % (sangat praktis) dan hasil penilaian praktikalitas oleh peserta didik diperoleh nilai rata-rata 89,31 % (sangat praktis). Hasil uji efektifitas multimedia interaktif dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:45
Last Modified: 28 Apr 2021 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31288

Actions (login required)

View Item View Item