Pengaruh Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang

Silvia, Mega (2021) Pengaruh Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MEGA_SILVIA_15029037_815_2020.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP N egeri 31Padang masih rendah, karena proses pembelajaran belum optimal untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Melalui penelitian ini diselidiki pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP N egeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan deskriptif. Dengan rancangan penelitian Static Group Comparison. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 31 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII.4 sebagai kelompok eksperimen dan VIII.3 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan komunikasi matematis, sedangkan perkembangan kemampuan komunikasi matematis diperoleh melalui kuis yang diberikan selama penelitian. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pendekatan RME lebih baik daripada belajar dengan pembelajaran konvensional kelas VIII SMP N egeri 31 Padang. Kemampuan komunikasi peserta didik mengalami perkembangan untuk setiap indikator saat diterapkannya pendekatan RME selama penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:53
Last Modified: 14 Apr 2021 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31038

Actions (login required)

View Item View Item