Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa Materi Menggambar Komik Siswa Kelas VIII-3 SMP PGRI 4 Padang

Riswalkam, Riswalkam (2020) Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa Materi Menggambar Komik Siswa Kelas VIII-3 SMP PGRI 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_RISWALKAM_1301043_3982_2020.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang terjadi di kelas VIII-3 SMP PGRI 4 Padang yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar seni rupa siswa pada materi menggambar komik, hal ini terlihat pada hasil tes belajar yang diperolah siswa. Salah satu hal yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar ini adalah media yang digunakan oleh guru dalam mengajar belum mampu memberikan stimulus bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar seni rupa materi menggambar komik dengan menggunakan media pembelajaran powtoon pada siswa VIII-3 SMP PGRI 4 Padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan penggunaan media powtoon dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 4 Padang di kelas VIII-3 pada tanggal 03 Februari sampai dengan 16 Maret 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Padang, sampel pada penelitian ini sebanyak satu kelas yang terdiri dari 27 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembaran pengamatan kegiatan guru, lembaran pengamatan kegiatan siswa serta format penilaian tes hasil. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengolahan data menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 77,85 dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 86,00. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powtoon dapat meningkatkan hasil belajar seni rupa materi menggambar komik siswa SMP PGRI 4 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:56
Last Modified: 24 Mar 2021 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30717

Actions (login required)

View Item View Item