Pengembangan Buku Ajar Mikrobiologi Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Topik Aplikasi Mikrobiologi dalam Kehidupan Manusia untuk Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Padang

Ilmisa, Ulima Yafi (2021) Pengembangan Buku Ajar Mikrobiologi Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Topik Aplikasi Mikrobiologi dalam Kehidupan Manusia untuk Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil investigasi awal yang dilakukan dengan mewawancarai dosen, diketahui bahwa tingkat pemahaman konsep mahasiswa masih rendah dan mahasiswa belum bisa mengaplikasikan konsep mikrobiologi yang dipelajari dalam kehidupan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada mahasiswa, diketahui bahwa buku yang digunakan mahasiswa belum sesuai dengan silabus dan kebutuhan belajar mahasiswa, sehingga mahasiswa cenderung menggunakan referensi yang bersumber dari blog. Berdasarkan hasil analisis buku yang digunakan oleh mahasiswa, diketahui bahwa buku tersebut kurang mengaplikasikan konsep dengan suatu kondisi dalam kehidupan, beberapa pokok bahasan pada silabus tidak dijelaskan secara rinci dan belum terdapatnya kebaruan ilmu. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa membutuhkan buku ajar mikrobiologi yang sesuai dengan kebutuhan belajamya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar mikrobiologi berbasis sains teknologi masyarakat pada topik aplikasi mikrobiologi dalam kehidupan manusia yang valis, praktis, dan efektif. J enis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Tahap model Plomp terdiri dari investigasi awal, pengembangan dan pembuatan prototipe, dan penilaian. Subjek penelitian ialah mahasiswa biologi UNP yang mengambil mata kuliah mikrobiologi dasar semester Juli­ Desember 2019. Objek penelitian ialah buku ajar mikrobiologi berbasis STM pada topik aplikasi dalam kehidupan manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan, menurut expert review telah memenuhi kriteria didaktik, konstruk, dan teknis dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas oleh dosen dan mahasiswa diperoleh nilai sangat praktis, karena telah memenuhi kriteria pada kemudahan dalam penggunaan, efisiensi waktu, daya tarik, mudah diinterpretasikan dan memiliki ekuivalensi. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa efektif pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar mikrobiologi berbasis STM pada topik aplikasi dalam kehidupan manusia yang telah dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:44
Last Modified: 05 Apr 2021 00:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30706

Actions (login required)

View Item View Item