Model Polya terhadap Hasil Belajar Soal Cerita FPB dan KPK Siwa Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Tilatang Kamang Agam

Ayustina, Syalsa (2021) Model Polya terhadap Hasil Belajar Soal Cerita FPB dan KPK Siwa Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Tilatang Kamang Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SYALSA_AYUSTINA_16129412_4229_2020.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini latar belakang yang ditemukan peneliti adalah siswa masih kesulitan dalam memahami dan menemukan informasi dalam soal cerita, guru belum mengarahkan langkah-langkah yang sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga berdampak pada rendahnya hasil pada soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model polya terhadap hasil belajar soal cerita faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil di kelas IV SD Negeri Gugus II Kecamatan Tilatang Kamang Agam. Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas IV SDN 13 Gadut sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 11 Gadut sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model polya terhadap hasil belajar soal cerita Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil di kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Tilatang Kamang Agam. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 7,45> ttabel = 1,68. Hasil belajarmatematika yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol = 74 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 85,39

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:52
Last Modified: 15 Feb 2021 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29987

Actions (login required)

View Item View Item