Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Turnamen di Kelas IV SDN 41/III Koto Beringin Kerinci

Neti, Elva (2020) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Turnamen di Kelas IV SDN 41/III Koto Beringin Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ELVA NETI_16129029_3610_2020.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran guru menggunakan model yang masih belum melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran sehingga pemahamannya berkurang. Dengan strategi active learning tipe turnamen ini memungkinkan peserta didik berperan secara aktif dalam berinteraksi antar peserta didik maupun peserta didik dengan pendidik dalam proses pembelajaran. Tipe turnamen dalam strategi active learning ini memaksimalkan belajar aktif dengan menggabungkan kelompok belajar dan kompetisi tim. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Turnamen Di Kelas IV SDN 41/III Koto Beringin Kerinci. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas IV SDN 41/III Koto Beringin Kerinci yang berjumlah 20 orang peserta didik terdiri dari 12 orang peserta didik laki-laki dan 8 orang peserta didik perempuan. Data dalam penelitian diperoleh dari hasil pengamatan RPP, pelaksanaan pembelajaran aspek guru dan aspek peserta didik menggunakan strategi active learning tipe turnamen. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat pada siklus I hasil pengamatan RPP memperoleh nilai rata-rata 80,55% kualifikasi Cukup (C) dan meningkat menjadi 94,4% kualifikasi Sangat Baik (B) pada siklus II. Pada aktivitas aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 82,14% dengan kualifikasi Baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,42% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Sedangkan aktivitas aspek peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 78,57% dengan kualifikasi Cukup (C) dan meningkat menjadi 92,85% pada siklus II dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi active learning tipe turnamen dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu peserta didik di kelas IV SDN 41/III Koto Beringin Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:56
Last Modified: 14 Jan 2021 04:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29309

Actions (login required)

View Item View Item