Wiranda, Utari (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pecahan terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Guguk Panjang Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_UTARI_WIRANDA_16129235_3820_2020.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, dimana masih banyak siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ketika diberikan ulangan harian. Serta kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika karena kurangnya minat belajar dan jarangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis android pada materi pecahan terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental, desain yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Guguk Panjang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Purposive Sampling. Terpilih dua kelas sampel yang masing-masing dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Hasil penelitian yang di peroleh t hitung 24,791 dan t tabel adalah 1,69 sehingga didapatkan t hitung > t tabel dimana 24,791 > 1,69 dan mean kelompok kontrol = 76,89 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 79,56. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa H a diterima, yaitu terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis android pada materi pecahan terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Guguk Panjang Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 05:56 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 05:56 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29225 |
Actions (login required)
View Item |