Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Peserta Didik Kelas XII SMA/MA.

Aulia, Rahma (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RAHMA_AULIA_16031022_2607_2020.pdf

Download (819kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif dalam proses pembelajaran. Berpikir kritis termaksud juga berpikir tingkat tinggi yang melibatkan kemampuan menganalisis masalah, mengevaluasi dan mampu menciptakan inovasi baru dalam proses pembelajaran. Di Indonesia kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi ini disebabkan karena guru tidak terbiasa membuat soal dengan tingkatan kognitif C4-C6, sehingga kemampuan tingkat tinggi peserta didik tidak terlatih dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi pertumbuhan dan perkembangan untuk peserta didik kelas XII SMA/MA yang valid, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda yang baik dan kualitas option yang baik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4-D models. 4-D models ini terdiri dari 4 tahapan yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini, peneliti hanya sampai pada tahapan define, design dan develop, sedangkan tahapan disseminate tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan fasilitas. Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi pertumbuhan dan perkembangan untuk peserta didik kelas XII SMA/MA. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang validator dari dosen Jurusan Biologi FMIP A UNP dan 34 orang siswa SMAN 3 Padang. Instrumen data diolah dengan menggunakan microsoft word 2010 dan aplikasi Anates versi 4.0.9. Hasil uji validitas menunjukkan soal valid secara validitas logis dengan rata- rata nilai yaitu 0,87 %. Soal yang valid sebanyak 30 soal dari 50 soal berdasarkan validitas empiris. Rata-rata nilai praktikalitas yaitu 98,61 % dengan kriteria sangat praktis, reliabilitas soal yaitu 84%, tingkat kesukaran soal sedang, memiliki daya beda yang baik dan kualitas option soal yang baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi pertumbuhan dan perkembangan untuk peserta didik kelas XII SMA/MA yang valid, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda yang baik dan kualitas option yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:06
Last Modified: 04 Nov 2020 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28709

Actions (login required)

View Item View Item