Pratiwi, Pratiwi and Damri, Damri (2019) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Gambar bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas III di SD Negeri 33 Kalumbuk Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7 (2). pp. 30-35. ISSN Online: 2622-5077
|
Text
7 DAMRI 106018-37810-1-PB.pdf Download (459kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di sekolah dasar yaitu di SDN 33 Kalumbuk Padang, yang mana terdapat seorang anak perempuan yang menduduki kelas III SD dimana anak tersebut mengalami kesulitan membaca permulaan pada kata digraf. Oleh karena itu, penulis berupaya membantu anak dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu gambar bagi anak kesulitan belajar kelas III di SDN 33 Kalumbuk, Padang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan SSR, dengan desain A-B. Data yang dikumpulkan melalui pengamatan langsung dan dicatat pada lembaran observasi. Analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan bagi anak kesulitan belajar kelas III di SDN 33 Kalumbuk Padang, meningkat setelah diberikan intervensi dengan media kartu gambar. Pada kondisi awal anak mendapatkan skor tertinggi 20% sedangkan pada kondisi intervensi anak mendapat skor 80%. Dengan demikian terbukti bahwa media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak kesulitan belajar kelas III di SDN 33 Kalumbuk Padang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 24 Oct 2020 13:57 |
Last Modified: | 24 Oct 2020 15:59 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28633 |
Actions (login required)
View Item |