Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pada Pokok Bahasan Statistika dan Peluang Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 25 Padang.

Meldianti, Meldianti (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pada Pokok Bahasan Statistika dan Peluang Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MELDIANTI_16029115_2722_2020.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran beruapa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada pokok bahasan statistika dan peluang untuk siswa kelas VIII dengan menerapkan pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan produk berupa RPP dan LKPD berbasis pembelajaran kooperatiftipe pair checks yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu fase investigasi awal, fase pengembangan, dan penilaian. Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Pada fase pengembangan dilakukan evaluasi formatif yang terdiri atas perancangan dan evaluasi sendiri, validasi oleh pakar dan evalu perorangan. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika dan bahasa Indonesia. Pada fase evaluasi perorangan, perangkat pembelajaran diuji cobakan pada 3 orang peserta didik kelas VIII SMPN 25 Padang yang memiliki kemampuan kognitif heterogen. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks yang telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks untuk peserta didik kelas VIII SMP pada pokok bahasan statistika dan peluang yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Oct 2020 04:50
Last Modified: 12 Oct 2020 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28456

Actions (login required)

View Item View Item