Ilmi, Miftahul (2019) Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak- Kanak Ekasakti Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_07_MIFTAHUL_ILMI_15022067_3996_2019.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan di TK Ekasakti Kecamatan Padang Barat, peneliti melihat anak-anak yang cepat akrab dan mudah bergaul dengan teman-temannya seperti ikut merasakan empati ketika ada temannya sakit suka berbagi dengan temannya baik berbagi makanan maupun juga berbagi mainan, kemudian di TK Ekasakti ini peneliti juga menemukan anak yang tertarik dan suka meniru aktifitas unik yang dilakukan oleh teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Ekasakti Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas B2. Peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Ekasakti Kecamatan Padang Barat Kota Padang dapat diamati dalam semua kegiatan yang dilakukan anak, seperti ketika anak pertama sampai di sekolah, ketika berbaris, belajar di dalam kelas dan ketika anak bermain diluar kelas. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realitanya dan apa adanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku sosial anak muncul dari dalam diri anak sendiri tanpa adanya dorongan dari pihak manapun, berbagai macam bentuk perilaku sosial pada anak usia 5-6 tahun seperti perilaku meniru yang mencul ketika anak meniru temannya yang memeluk guru, perilaku meniru anak saat meniru kegiatan yang menyenangkan yang dilakukan oleh temannya seperti memasukan bola yang berserakan dihalaman sekoalh dengan cara melemparnya ke dalam keranjang, perilaku bersaing anak ketika mereka ingin unggul dibanding temannya, kerja sama yang tempak saat anak bermain dan merapikan kelas, simpati kepada teman maupun guru, empati ketika ada temannya yang menangis, dukungan sosial anak saat menerima pendapat teman dan mengikuti nasehat guru, serta perilaku berbagi anak saat berbagi makanan, maianan dan alat belajar dengan temannya, kemudian peneiti juga menemukan perilaku perilaku akrab anak ketika mereka bercandadan bermain bersama. Saran peneliti kepada orang tua dan guru agar dapat mengajarkan anak untuk berperilaku baik, dan menjadi contoh yang baik untuk anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 06:42 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 06:42 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28108 |
Actions (login required)
View Item |