Pengembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Tunas Harapan Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Silranti, Malia (2020) Pengembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Tunas Harapan Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_MALIA_SILRANTI_15022097_4770_2020.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Anak usia dini merupakan anak yang berada dalam proses perkembangan, setiap anak memiliki karakter tersendiri dan perkembangan anak berbeda-beda baik dalam kualitas maupun tahap perkembangannya. Pada masa ini sangat tepat untuk meletakkan dasar pertama dan utama dalam mengembangkan berbagai potensi sebagian besarnya adalah kemandirian. Penelitian ini berrtujuan tentang “Pengembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak- kanak Dharmawanita Tunas Harapankecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan”. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan, mengamati, menggambarkan, pengembangan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Dharmawanita Tunas Harapan kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Pengumpulan data yang di gunakan dalam skripsi ini melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian, pengembangan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Dharmawanita Tunas Harapan Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, bahwa pengembangan kemandirian oleh guru sudah terbilang baik dalam belajar serta sebagian siswa mandiri saat bermain, anak sudah mulai mandiri saat mengerjakan tugas dalam belajar. Peran guru disekolah sangat penting dalam pengembangan kemandirian anak disekolah, karena itu guru harus memiliki keterampilan dalam mengembangakan kemandirian pada anak melalui pelaksanaan pembelajaran. Adapun metode yang digunakan guru dalam pengembangan kemandirian adalah metode pembiasaan, metode bercakap-cakap, metode bermain, metode tanya jawab dan metode pemberian tugas. Namun dalam perencanaan tidak digambarkan dengan jelas pengembangan kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:02
Last Modified: 22 Jul 2020 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27755

Actions (login required)

View Item View Item