Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi

Putri, Dewinda Eka (2019) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DEWINDA_EKA_PUTRI_15029065_3623_2019.pdfA.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik. Namun kemampuan penalaran peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan penalaran peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan bagaimana aktivitas belajar peserta didik selama diterapkan model discovery learning. Penelitian ini adalah gabungan dari penelitian quasy-experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Desain. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi tahun pelajaran 2019/2020 dengan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol serta subjek untuk penelitian deskriptif yaitu kelas XI MIPA 5. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan penalaran matematis serta lembar observasi. Data hasil observasi dianalisis berdasarkan persentase aktivitas. Data tes dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf nyata a = 0,05 diperoleh P-value = 0,000 dimana P-value<a maka tolak H0, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran peserta didik yang belajar dengan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Aktivitas belajar belajar menggunakan model discovery learning menggalami peningkatan pada indikator Al, A3, A4, A7 dan mengalami fluktuasi pada indikator A2, AS, A6.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:07
Last Modified: 23 Jun 2020 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27216

Actions (login required)

View Item View Item