Gambaran Penggunaan Metode Pembelajaran Halaqah di Qur'an Learning Centre Andalas Padang

Deni, Yanti (2020) Gambaran Penggunaan Metode Pembelajaran Halaqah di Qur'an Learning Centre Andalas Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_ DENI_YANTI_16005168_1426_2020.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan yang diraih Qur 'an Learning Centre Andalas melalui prestasinya dalam mengikuti lomba cerdas cermat dan debat wirid remaja. Hal itu tidak terlepas dari proses pembelajaran di Qur'an Learning Centre Andalas Padang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran penggunaan metode pembelajaran halaqah di Qur'an Learning Centre Andalas Padang mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan metode pembelajaran halaqah. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Populasi peneliti sebanyak 64 orang. Sampel terpilih 32 orang dijadikan responden. Jenis data penelitian tentang gambaran penggunaan metode pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, alat yang digunakan kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran penggunaan metode pembelajaran halaqah di Qur'an Learning Centre Andalas, dari aspek (1) Persiapan tergolong baik, (2) Pelaksanaan tergolong baik, dan (3) Evaluasi tergolong baik. Dapat disarankan kepada ketua Qur'an Learning Centre Andalas Padang agar terns memberikan dukungan dan bimbingan pada guru untuk lebih memaksimalkan kompetensi yang dimiliki pendidik khususnya dalam melaksanakan metode halaqah dan kepada peneliti selanjutnya agar dapat memilih variabel lain yang dapat mendukung keberhasilan program PLS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jun 2020 07:34
Last Modified: 18 Jun 2020 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27117

Actions (login required)

View Item View Item