Hubungan Dukungan Sosial Orangtua Siswa dengan Self Efficacy Akademik Siswa

Nasution, Mawaddah (2019) Hubungan Dukungan Sosial Orangtua Siswa dengan Self Efficacy Akademik Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MAWADDAH_NASUTION_15006018_2019.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Dukungan sosial orangtua pada siswa dengan memberikan segala bentuk perilaku dan sikap yang bagus dan positif dapat membantu menjalani tugas-tugas perkembangannya, agar siswa lebih merasa diperhatikan oleh lingkungannya terutama orangtuanya. Kenyataannya masih ada siswa yang belum mendapatkan dukungan sosial yang baik dari orangtua sehingga siswa tidak masuk sekolah dan cabut ketika proses belajar mengajar, siswa di buly karena baju dan celana siswa yang tidak pantas di pakai lagi, siswa mencontoh tugas temannya, siswa tidak berani berpendapat di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dukungan sosial orangtua dan self efficacy akademik siswa agar siswa dapat menjalani keseharian dengan efektif dan mampu mencapai tujuan hidupnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini 184 siswa dari 341 populasi siswa di SMP Negeri 4 Padang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasional dengan menggunakan bantuan program komputer Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi 20,0. Instrumen yang digunakan adalah angket model skala Likert untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi siswa tentang dukungan sosial orangtua siswa dengan self efficacy akademik siswa. Temuan penelitian mengungkapkan (1) dukungan sosial orangtua secara umum berada pada kategori cukup mendukung dengan persentase (43%). (2) aspek dukungan emosional berada pada kategori cukup mendukung dengan persentase (40%),(3) aspek dukungan penghargaan berada pada kategori cukup mendukung dengan persentase (42%) (4) aspek dukungan instrumental berada pada kategori kurang mendukung dengan persentase (82%),(5) aspek dukungan informatif berada pada kategori kurang mendukung dengan persentase (85%). (6) self efficacy akademik siswa secara umum berada pada kategori cukup yakin dengan persentase (43%). (7) aspek tingkat (level) berada pada kategori kurang yakin dengan persentase (36,41%),(8) aspek kekuatan (strangth) berada pada kategori kurang yakin dengan persentase (44,57%),(9) aspek generalisasi (generality berada pada kategori kurang yakin dengan persentase (50,54%), (10) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan self efficacy akademik siswa. Kata Kunci : Siswa, Dukungan Soial Orangtua, Self efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 May 2020 23:43
Last Modified: 07 May 2020 23:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26539

Actions (login required)

View Item View Item