Pengembangan Modul Sifat Koligatif Larutan Ber basis lnkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen untuk Pembelajaran Kelas XII Tingkat SMA/MA.

Afrina, Resa (2019) Pengembangan Modul Sifat Koligatif Larutan Ber basis lnkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen untuk Pembelajaran Kelas XII Tingkat SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RESA_AFRINA_14035030_839_2019.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Sifat koligatif larutan merupakan salah satu materi kimia yang bersifat abstrak dan menggunakan banyak perhitungan sehingga materi ini dianggap sulit oleh peserta didik. Selain itu, pada materi sifat koligatif juga terdapat konsep­ konsep mikroskopik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempelajari materi sifat koligatif larutan sesuai karakterisik materinya adalah model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sifat koligatif larutan berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen, serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas modul. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4­D (define, design, develop, dan disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas. Berdasarkan hasil uji validitas diperoleh nilai rata­rata momen kappa sebesar 0,88 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan siswa berturut­turut 0,92 dan 0,82 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, modul sifat koligatif larutan berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen untuk siswa kelas XII SMA/MA yang dihasilkan telah valid dan praktis, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Sifat koligatif larutan, inkuiri terbimbing, modul, reseacrh and development (R&D)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:12
Last Modified: 12 Mar 2020 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25977

Actions (login required)

View Item View Item