Pengembangan Media Teka-teki Silang sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Kelas XI

Husna, Gusmita Ul (2019) Pengembangan Media Teka-teki Silang sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_GUSMITA_UL_HUSNA_15046022_5650_2019.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan yaitu kurangnya vanasi penggunaan media pembelajaran sejarah Indonesia, dan belum adanya media khusus untuk mengingat fakta dan konsep dalam pembelajaran sejarah. Salah satu solusi mengatasi persoalan tersebut yaitu pengembangan Teka-teki Silang sebagai media pembelajaran. Teka-teki Silang ini dapat memuat gambar pada pembelajaran sejarah, serta dapat membantu peserta didik dalam mengingat fakta maupun konsep yang ada pada pembelajaran sejarah Indonesia. Kemudian Teka- Teki Silang tidak hanya dapat digunakan pada saat proses pembelajaran di sekolah, akan tetapi juga dapat digunakan pada saat belajar di rumah, dengan ukuran yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana sehingga TTS ini sangat efektif untuk mempermudah peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bagaimana proses perkembangan media Teka-teki Silang memulai dari beberapa tahapan, yaitu : 1) mengumpulkan sumber bacaan terkait materi sejarah Kelas XI berdasarkan Kurikulum 2013; 2) mengumpulkan fakta dan konsep yang berkaitan dengan KI dan KD berdasarkan sumber bacaan yang telah dikumpulkan sebelumnya; 3) Mencari pertanyaan beserta jawaban dan menyusunnya dalam suatu word, yang nantinya di pindahkan pada aplikasi Discovery Education's­ Puzzlemaker, pembuat Teka-teki Silang. Setelah media dirancang selanjutnya dilakukan hasil uji kelayakan dan kepraktisan, skor rata-rata hasil kelayakan dan kepraktisan media Teka-teki Silang dari ahli materi dengan kriteria layak (3.5) dan ahli media adalah kriteria sangat layak (3.5), selanjutnya skor rata-rata hasil kelayakan dan kepraktisan media Teka-teki Silang berdasarkan respon guru peserta didik adalah dengan kriteria praktis (3.4). Maka media Teka-teki Silang sebagai media pembelajaran sejarah Indonesia di SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang telah diuji cobakan dapat membantu peserta didik dalam mengingat fakta dan konsep yang ada pada mata pelajaran sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Mar 2020 06:48
Last Modified: 06 Mar 2020 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25730

Actions (login required)

View Item View Item